Minggu, 03 Desember 2017

RESUME BUKU "MEDIA PENGAJARAN" Karangan Drs. Nana Sujana dan Drs. Ahmad Rivai



RESUME BUKU “MEDIA PENGAJARAN” KARANGAN Drs. NANA SUJANA DAN
Drs. AHMAD RIVAI

BAB I
PENGGUNAAN MEDIA PENGAJARAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR
A.    Nilai dan Manfaat Media Pengajaran
Alasa pertama berkenaan dengan media pengajaran dalam proses belajar siswa antara lain:
a.       Pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
b.      Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik.
c.       Metode mengajar akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melaui penuturan kata-kata oleh guru, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga apalagi bila guru mengajar untuk setiap jam pelajaran.
d.      Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru tetapi juga ativitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan dan lain-lain.
B.     Jenis dan Kriteria Memilih Media Pengajaran
Kriteria-kriterianya  adalah sebagai berikut:
a.       Ketepatannya dengan tujuan pengajaran, artinya media pengajaran dipilih atas dasar tujuan-tujuan instruksional yang telah ditetapkan.
b.      Dukungan terhadap isi bahan pelajaran yang sifatnya fakta , prinsip, konsep dan generalisasi sangat memerlukan bantuan media agar lebih mudah dipahami siswa.
c.       Kemudahan memperoleh media, artinya media yang diperlukan mudah diperoleh.
d.      Keterampilan guru dalam menggunakannya, apapun jenis media yang diperlukan syarat utama adalah guru dapat menggunakannya dalam proses pengajarn.
e.       Tersedia waktu untuk menggunakannya, sehingga media tersebut dapat bermanfaat bagi siswa selama pengajaran berlangsung.
f.       Sesuai dengan taraf berfikir siswa, memilih media untuk pendidikan dan pengajaran harus sesuai dengan taraf berfikir siswa, sehingga makna yang dikandung didalamnya dapat dipahami oleh para siswa.

BAB II
KETERBACAAN VISUAL SEBAGAI DASAR MEDIA PENDIDIKAN
Dari hasil penelitian Seth Spaulding tentang bagaimana siswa belajar melalui gambar-gambar, dapat disimpulkan sebagai berikut:
a.       Ilustrasi gambar merupakan perangkat pengajaran yang dapat menarik minat belajar siswa secara efektif.
b.      Ilustrasi gambar merupakan perangkat tingkat abstrak yang dapat ditafsirkan berdasarkan pengalaman dimasa lalu, melalui penafsiran kata-kata.
c.       Ilustrasi gambar membantu para siswa membaca buku pelajaran terutama dalam menafsirkan dan mengingat-ingat isi materi teks yang menyertainya.
d.      Dalam booklet, pada umumnya anak-anak lebih menyukai setengah atau satu halaman penuh bergambar disertai beberapa petunjuk yang jelas.
e.       Ilustrasi gambar isinya harus dikaitkan dengan kehidupan nyata agar minat para siswa menjadi efektif.
f.       Ilustrasi gambar isinya hendaknya ditata sedemikian rupa sehingga tidak bertentangan dengan gerakan mata pengamat dan bagian-bagian yang paling penting dari ilustrasi itu harus dipusatkan dibagian sebelah kiri atas medan gambar.
Mengamati pesan visual
          Ada dua cara untuk menentukan apa yang diperhatikan siswa dari pesan-pesan visual yang mereka lihat. Pertama, membuat kesimpulan berdasarkan apa yang dipelajari siswa dari materi gambar .Kedua, tentukan pola gerakan-gerakan pengamatan. Dalam hal ini tidaklah penting bagaimana reaksi siswa sewaktu mengamati materi gambar sebab yang lebih utama adalah apakah persepsi siswa terhadap materi gambar itu efisien, efektif atau tidak.



BAB III
MEDIA GRAFIS
1.      Bagan
a.   Bagan Pohon
Dikembangkan dari dasar yang terdiri atas beberapa akar menuju batang tunggal. Kemudian cabang-cabang pohon tersebut menggambarkan perkembangan serta hubungan. Contoh: bagan silsilah.
b.  Bagan Alir
Fungsinya untuk mempertunjukkan bagaimana berbagai unsur penting dikombinasikan.
c.   Bagan Arus
Digunakan untuk menjelaskan suatu proses.
d.  Bagan Tabel
Urutan hubungan seperti yang terdapat pada garis waktu atau tabel waktu dapat dipertunjukkan pada bagan tabel.
2.      Diagram
Diagram adalah suatu gambaran sederhana yang dirancang untuk memperlihatkan hubungan timbal balik terutama dengan garis-garis
3.      Grafik
a.   Grafik Garis, digunakan bila data berkelanjutan
b.  Grafik Batang, paling bermanfaat jika sejumlah nilai yang akan diperbandingkan relatif lebih sedikit, umumnya tidak lebih dari delapan atau enam jalur.
c.   Grafik Lingkaran, merupakan grafik dengan bentuk lingkaran sektor-sektor yang digunakan untuk menggambarkan bagian-bagian dari suatu keseluruhan.
4.      Poster
Poster adalah gagasan yang dicetuskan dalam bentuk ilustrasi  gambar yang disederhanakan yang dibuat dalam ukuran besar, bertujuan untuk menarik perhatian, membujuk atau motivasi atau memperingatkan pada gagasan pokok, fakta atau peristiwa tertentu.
5.      Kartun
Kartun adalah penggambaran dalam bentuk lukisan atau karikatur tentang orang, gagasan atau situasi yang didesain untuk memperingati opini masyarakat.
6.       Komik
Komik merupakan suatu bentuk kartun yang mengungkapkan karakter dan memerankan suatu cerita dalam urutan yang erat dan dihubungkan dengan gambar.

BAB IV
GAMBAR FOTOGRAFI
Keuntungan gambar fotografi, antara lain sebagai berikut:
a.   Mudah dimanfaatkan dalam kegiatan belajar mengajar.
b.  Harga relatif murah.
c.   Gambar fotografi bisa dipergunakan dalam banyak hal untuk berbagai jenjang pengajaran dan berbagai disiplin ilmu.
d.  Gambar fotografi dapat menerjemahkan konsep atau gagasan yang abstrak menjadi realistik.
Sedangkan kelemahan gambar fotografi, antara lain sebagai berikut:
a.   Beberapa gambarnya sudah cukup memadai akan tetapi tidak cukup besar ukurannya.
b.  Gambar fotografi adalah berdimensi dua, sukar untuk melukiskan bentuk sebenarnya yanga berdimensi tiga.
c.   Gambar fotografi bagaimanapun indahnya tetap tidak memperlihatkan gerak.


BAB V
AUDIO
Manfaat media audio didalam pengajaran terutama dirasakan benar dalam melatih berbagai bahasa asing, music literary, belajar jarak jauh dan paket belajar atau modul untuk tujuan belajar mandiri.
Keuntungan:
a.       Melatih daya ingat dan mengungkapkan kembali gagasan cerita yang telah disimak.
b.      Melatih diri dalam memisahkan informasi yang relevan dan yang tidak relevan.
c.       Melatih daya analis.
Kelemahan:
a.       Dalam penggunaan media audio perlu latihan khusus.
b.      Memerlukan bantuan media visual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar