RESUME BUKU “MEDIA PENGAJARAN”
KARANGAN Drs. NANA SUJANA DAN
Drs. AHMAD RIVAI
BAB I
PENGGUNAAN MEDIA PENGAJARAN DALAM
PROSES BELAJAR MENGAJAR
A.
Nilai dan Manfaat Media Pengajaran
Alasa pertama berkenaan dengan media
pengajaran dalam proses belajar siswa antara lain:
a.
Pengajaran
akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
b.
Bahan
pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh para
siswa dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik.
c.
Metode
mengajar akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melaui
penuturan kata-kata oleh guru, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak
kehabisan tenaga apalagi bila guru mengajar untuk setiap jam pelajaran.
d.
Siswa
lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian
guru tetapi juga ativitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan
dan lain-lain.
B.
Jenis dan Kriteria Memilih Media Pengajaran
Kriteria-kriterianya adalah sebagai berikut:
a.
Ketepatannya
dengan tujuan pengajaran, artinya media pengajaran dipilih atas dasar
tujuan-tujuan instruksional yang telah ditetapkan.
b.
Dukungan
terhadap isi bahan pelajaran yang sifatnya fakta , prinsip, konsep dan
generalisasi sangat memerlukan bantuan media agar lebih mudah dipahami siswa.
c.
Kemudahan
memperoleh media, artinya media yang diperlukan mudah diperoleh.
d.
Keterampilan
guru dalam menggunakannya, apapun jenis media yang diperlukan syarat utama
adalah guru dapat menggunakannya dalam proses pengajarn.
e.
Tersedia
waktu untuk menggunakannya, sehingga media tersebut dapat bermanfaat bagi siswa
selama pengajaran berlangsung.
f.
Sesuai
dengan taraf berfikir siswa, memilih media untuk pendidikan dan pengajaran
harus sesuai dengan taraf berfikir siswa, sehingga makna yang dikandung
didalamnya dapat dipahami oleh para siswa.
BAB II
KETERBACAAN
VISUAL SEBAGAI DASAR MEDIA PENDIDIKAN
Dari hasil penelitian Seth Spaulding
tentang bagaimana siswa belajar melalui gambar-gambar, dapat disimpulkan
sebagai berikut:
a.
Ilustrasi
gambar merupakan perangkat pengajaran yang dapat menarik minat belajar siswa
secara efektif.
b.
Ilustrasi
gambar merupakan perangkat tingkat abstrak yang dapat ditafsirkan berdasarkan
pengalaman dimasa lalu, melalui penafsiran kata-kata.
c.
Ilustrasi
gambar membantu para siswa membaca buku pelajaran terutama dalam menafsirkan
dan mengingat-ingat isi materi teks yang menyertainya.
d.
Dalam
booklet, pada umumnya anak-anak lebih menyukai setengah atau satu halaman penuh
bergambar disertai beberapa petunjuk yang jelas.
e.
Ilustrasi
gambar isinya harus dikaitkan dengan kehidupan nyata agar minat para siswa
menjadi efektif.
f.
Ilustrasi
gambar isinya hendaknya ditata sedemikian rupa sehingga tidak bertentangan
dengan gerakan mata pengamat dan bagian-bagian yang paling penting dari ilustrasi
itu harus dipusatkan dibagian sebelah kiri atas medan gambar.
Mengamati pesan visual
Ada dua cara untuk
menentukan apa yang diperhatikan siswa dari pesan-pesan visual yang mereka
lihat. Pertama, membuat kesimpulan berdasarkan apa yang dipelajari siswa dari
materi gambar .Kedua, tentukan pola gerakan-gerakan pengamatan. Dalam hal ini
tidaklah penting bagaimana reaksi siswa sewaktu mengamati materi gambar sebab
yang lebih utama adalah apakah persepsi siswa terhadap materi gambar itu
efisien, efektif atau tidak.
BAB III
MEDIA GRAFIS
1.
Bagan
a.
Bagan
Pohon
Dikembangkan dari dasar yang terdiri atas beberapa akar menuju
batang tunggal. Kemudian cabang-cabang pohon tersebut menggambarkan
perkembangan serta hubungan. Contoh: bagan silsilah.
b. Bagan Alir
Fungsinya untuk mempertunjukkan bagaimana berbagai unsur penting
dikombinasikan.
c.
Bagan
Arus
Digunakan untuk menjelaskan suatu proses.
d. Bagan Tabel
Urutan hubungan seperti yang terdapat pada garis waktu atau tabel
waktu dapat dipertunjukkan pada bagan tabel.
2.
Diagram
Diagram adalah suatu gambaran sederhana yang dirancang untuk memperlihatkan
hubungan timbal balik terutama dengan garis-garis
3.
Grafik
a.
Grafik
Garis, digunakan bila data berkelanjutan
b. Grafik Batang, paling bermanfaat jika sejumlah nilai yang akan diperbandingkan
relatif lebih sedikit, umumnya tidak lebih dari delapan atau enam jalur.
c.
Grafik
Lingkaran, merupakan grafik dengan bentuk lingkaran sektor-sektor yang
digunakan untuk menggambarkan bagian-bagian dari suatu keseluruhan.
4.
Poster
Poster adalah gagasan yang dicetuskan dalam bentuk ilustrasi gambar yang disederhanakan yang dibuat dalam
ukuran besar, bertujuan untuk menarik perhatian, membujuk atau motivasi atau
memperingatkan pada gagasan pokok, fakta atau peristiwa tertentu.
5.
Kartun
Kartun adalah penggambaran dalam bentuk lukisan atau karikatur
tentang orang, gagasan atau situasi yang didesain untuk memperingati opini
masyarakat.
6.
Komik
Komik merupakan suatu bentuk kartun yang mengungkapkan karakter dan
memerankan suatu cerita dalam urutan yang erat dan dihubungkan dengan gambar.
BAB IV
GAMBAR FOTOGRAFI
Keuntungan gambar fotografi, antara lain sebagai berikut:
a.
Mudah
dimanfaatkan dalam kegiatan belajar mengajar.
b. Harga relatif murah.
c.
Gambar
fotografi bisa dipergunakan dalam banyak hal untuk berbagai jenjang pengajaran
dan berbagai disiplin ilmu.
d. Gambar fotografi dapat menerjemahkan konsep atau gagasan yang
abstrak menjadi realistik.
Sedangkan
kelemahan gambar fotografi, antara lain sebagai berikut:
a.
Beberapa
gambarnya sudah cukup memadai akan tetapi tidak cukup besar ukurannya.
b. Gambar fotografi adalah berdimensi dua, sukar untuk melukiskan
bentuk sebenarnya yanga berdimensi tiga.
c.
Gambar
fotografi bagaimanapun indahnya tetap tidak memperlihatkan gerak.
BAB V
AUDIO
Manfaat media audio didalam pengajaran
terutama dirasakan benar dalam melatih berbagai bahasa asing, music literary,
belajar jarak jauh dan paket belajar atau modul untuk tujuan belajar mandiri.
Keuntungan:
a.
Melatih
daya ingat dan mengungkapkan kembali gagasan cerita yang telah disimak.
b.
Melatih
diri dalam memisahkan informasi yang relevan dan yang tidak relevan.
c.
Melatih
daya analis.
Kelemahan:
a.
Dalam
penggunaan media audio perlu latihan khusus.
b.
Memerlukan
bantuan media visual.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar