Minggu, 14 Januari 2018

ADMINISTRASI PENDIDIKAN (TEKNOLOGI PENDIDIKAN



A.    ADMINISTRASI KEUANGAN SEKOLAH
1.Manajemen Pembayaran SPP
a. Kartu Pembayaran SPP
Nama Murid        : ……………………………………….
Kelas                    : ……………………………………….
No. Induk                        : ……………………………………….
Bulan
Tanggal
Pembayaran
Jumlah
Tanda tangan penerima
Keterangan







b. Buku Harian Penerimaan Siswa
Tanggal
Nama Murid
Kelas
Nomor Induk
Untuk Bulan
Setoran ke
Ttd.








c. Buku Penerimaan SPP Per Kelas
Bulan
No
Kls I
Kls. II
Kls. III
Jumlah
Jumlah

SPP
Siswa
SPP
Siswa
SPP
Siswa
SPP
Siswa
Penyetoran
Penerimaan













d. Bendaharawan sekolah memasukkan SPP tersebut dalam buku kas dengan format sebagai berikut.
Masuk
Tanggal
Uraian
Jumlah
Tanggal
Urain
Jumlah







B.     ADMINISTRASI PERSONALIA/ SDM
1.      Daftar Personel
DAFTAR PEGAWAI
Sekolah    : …………………………………….
No. Urut: ........................ 1. Nama Lengkap: ……………… NIP: ……………….
3. Tanggal/ tempat lahir: …………………….
4. Bangsa: ……………………
5. Agama: ……………………
6. Pangkat: ………………….
7. Jabatan: ………………….
8. Status Pegawai: ………………….
9. KTP. No.: …………. Tgl: …………
10. Kartu Peserta TASPEN: ……..
Akamat  Rumah: …………………
12. Riwayat Pendidikan:
      a. ……………………………
      b. ……………………………
      c. ……………………………
13. Pendidikan tambahan:
      a. ………………….
      b. ………………….
      c. ………………….

Nama istri/ suami: ………………………………………....
15. Tempat/ Tgl. Lahir: ………………………………………….
16. Pekerjaan: ……………
17. Nama Anak/ Tgl. Lahir: ……………………………
…………………………....
………………………........

DAFTAR TUGAS MENGAJAR
Sekolah:………………………….

No.
NIP
Nama Guru
Pendidikan Terakhir
Pangkat/ Golongan
Mengajar Mat. Pelj.
Kelas
Jam
Ket.
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
dst.









2.      Daftar Hadir Guru/ Karyawan
Bulan………………………………………..

No.
Nama
Tanggal

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
dst.
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
dst.













C.     ADMINISTRASI SARPRAS
1.      Daftar pembelian perabotan /pengadaan perabotan.

No.
Tanggal
Dari
Nama barang
Banyaknya
Harga
Dipakai tangggal
Mulai untuk
Ket.

Terima
Beli

















2.       Daftar Pengunaan Alat Peraga dan lain-lain

No.
Tanggal
Nama alat
Banyak
Pemakain
Tanggal kembali
Ket.
Nama guru
Kelas









3.       Daftar Pengunaan Ruang Praktikum/Laboratorium
No.
Kelas
Ket.
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum’at
Sabtu














4.      Kartu Pemeliharaan Mesin-mesin Kantor
Nomor                                   : ………………………………                                         
Pemegang/penangung jawab : ………………………………  
Sekolah                                  : ………………………………                                             
Alamat                                   : ………………………………      

KARTU PEMELIHARAAN MESIN
1)      Macam mesin   : …………………………………………. 
2)      Merk/tahun       : ………………………………………….
3)      No.mesin                      : ………………………………………….
4)      Ukuran                         : ………………………………………….
5)      Asal Mesin        : ………………………………………….
6)      Perlengkapan    : ………………………………………….
7)      Mulai Dipakai   : ………………………………………….
           
URAIAN

Tanggalll
Servis/Perbaikan
Biaya
Keterangan
















D.    ADMINISTRASI KESISWAAN
1.      Formulir Pendaftaran
FORMULIR PENDAFTARAN
Sekolah: ………………………… No. : ………………………….

1.      Nama Calon               : ……………………. Asal Sekolah: …………………….
2.      Jenis Kelamin : …………………………………………………………..
3.      Tempat/ tgl. Lahir      : …………………………………………………………..
4.      Bangsa                       : …………………………………………………………..
5.      Agama                       : …………………………………………………………..
6.      Anak ke                     : …………………………………………………………..
7.      Alamat                       : …………………………………………………………..
8.      Nama orangtua/wali  : …………………………………………………………..
9.      Pendidikan                : …………………………………………………………..
10.  Pekerjaan                   : …………………………………………………………..
11.  Alamat pekerjaan       : …………………………………………………………..
12.  Keterangan lain-lain  : …………………………………………………………..
Catatan:
Diterima/ ditolak di kelas: …….                               ………….................19…..
                                                                                   Yang Mendaftarkan,


(                                )                                                 (                             )
Panitia Penerima,

2.      Buku Pendaftaran
Nomor Urut
Nama
Tanggal Lahir
Alamat
Asal Sekolah
Ket.







Identitas (keterangan) diri murid dalam buku induk antara lain sebagai berikut.
1.      Nama Calon                     : ……………………. Asal Sekolah: …………………….
2.      Jenis Kelamin                  : …………………………………………………………..
3.      Tempat/ tgl. Lahir            : …………………………………………………………..
4.      Warga Negara                  : …………………………………………………………..
5.      Agama                             : …………………………………………………………..
6.      Anak ke                           : …………………………………………………………..
7.      Alamat                             : …………………………………………………………..
8.      Asal Sekolah                    : …………………………………………………………..
9.      a. Diterima tanggal          : …………………………………………………………..
b. Di kelas                        : …………………………………………………………..
10.  a. Nama orang tua/ wali   : …………………………………………………………..
b.      Kelas                          : …………………………………………………………..
c.       Alasan                        : …………………………………………………………..
d.      Tamat kelas                : …………………………………………………………..
STTB No. …………
e.       tanggal                       : …………………………………………………………..
f.       Meneruskan ke
g.      Sekolah                      : …………………………………………………………..
h.      Keterangan lain-lain  : …………………………………………………………..
3.      Daftar Presensi
No.
Nama Murid
Tanggal
Jumlah Absen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
…31
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.

dst.













Jumlah Hadir :













E.     SISTEM PENGOLAHAN LAPORAN HASIL AKHIR SISWA
Contoh Pembobotan Nilai Rapor
Contoh 1
Rata-rata nilai ulangan harian, ulangan tengah semester, dan akhir semester bobotnya adalah: 2 : 1 : 1
Nilai ualngan harian : 1, 2, dan 3 = 60, 75, 65
Rata-rata ulangan harian                          = 66
Ulangan harian semester                          = 55
Ulangan akhir semester                           = 65
Nilai rapor                                                = ( 2 x 66 + 1 x 55 + 1 x 65 ) / 4
                                                                 = ( 132 + 55 + 65 ) / 4
                                                                 =252 / 4
                                                                 = 63
Contoh 2
Setiap ulangan harian, ualngan tengah semester, dan akhir semester bobotnya adalah sama
Nilai ulangan harian                                 = 60, 75, 65
Ulangan tengah semester                         = 55
Ulangan akhir semester                           = 65
Nilai rapor                                                = ( 60 + 75 + 65 + 55 + 65 ) / 5
                                                                 = 320 / 4
                                                                 = 64
                 Ulangan Harian per kompetensi dasar dilakukan dengan teknik: (tes tertulis, tes lisan, unjuk kerja, observasi, wawancara, penugasan, dan portofolio), yang menjadi data tutor pribadi.
                 Hasil dari penilaian yang belum mencapai KKM harus diremidial melalui perbaikan pembelajaran dan penilaian.
                 Ulangan Tengah Semester merupakan penilaian dari beberapa kompetensi dasar yang pernah dibelajarkan dan dinilai pada tengah semester yang sama. Pada Penilaian Ulangan Tengah Semester dapat merupakan penilaian atas semua aspek atau aspek tertentu sesuai dengan teknik penilaian yang dipilih. Nilai tiap aspek menjadi data guru pribadi.
                 Ulangan Akhir Semester merupakan penilaian dari semua kompetensi dasar yang pernah dibelajarkan dan dinilai pada semester yang berlaku. Penilaian Ulangan Akhir Semester dapat meruapakan penilaian terhadap semua aspek, beberapa aspek atau aspek tertentu sesuai dengan teknik penilaian yang dipilih. Nilai yang tercantum dalam rapor adalah nilai utuh yang sudah dirata-rata tiap aspek tanpa koma.
                 Semua nilai dinyatakan dengan angka skala 0 – 100
F.      SISTEM PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
1.      Peningkatan Gaji dan Kesejahteraan Guru
Peningkatan gaji dan kesejahteraan akan memberi motivasi bagi para guru untuk meningkatkan kinerja nya sebagai pendidik atau tenaga kependidikan.
2.      Sertifikasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Serta Sistem Penjaminan Mutu
Peningkatan sertifikasi bagi pendidik dan tenaga kependidikan yang sudah memenuhi syarat, merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan. Hal ini sesuai dengan PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Penidikan. Apalagi juga didukung dengan anggaran pendidikan dari pemerintah yang cukup besar dalam bidang pendidikan.
3.      Peningkatan Kompetensi yang Berkesinambungan
Sementara itu, untuk para pendidik yang sudah berpengalaman perlu diberikan kesempatan untuk mengikuti penataran yang dilaksanakan oleh lembaga inservice training yang juga sudah terakreditasi. Selain itu, mereka juga disyaratkan untuk mengikuti pendidikan profesi yang dapat dilaksanakan oleh lembaga tenaga kependidikan (LPTK) yang juga harus terakreditasi.
4.      Diklat, seminar, dan training motivasi
Lembaga pendidikan dapat mengadakan diklat, seminar atau training motivasi bagi para guru, agar guru terus menimba ilmu dan dapat mengikuti perkembangan dunia pendidikan.
5.      Study Banding
Study banding dilakukan agar para guru dapat belajar dari sekolah yang dikunjungi. Bagaimana manajmen sekolah, pembinaan guru dan siswa dan yang lainnya.
6.      Refreshing
Adakan refreshing untuk menghilangkan kepenatan pekerjaan. Dengan refreshing, guru merasa bahwa kinerjanya selama ini dihargai.

G.    SISTEM MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN
Salah satu sistem manajemen yang berstandard internasinal yang bisa diterapkan di lembaga pendidikan adalah sistem manajemen mutu ISO 9001. Sistem manajemen mutu ISO 9001 ini merupakan  suatu  sistem yang dapat digunakan untuk mengelola sistem manajemen atau memimpin suatu organisasi/ lembaga pendidikan dalam mencapai tujuan atau sasaran mutu yang ditetapkan oleh organisasi/ lembaga pendidikan.
Sistem manajemen ISO 9001 memiliki pola Plan-Do-Check-Action. Plan (perencanaan) dilakukan untuk merancang tujuan pendidikan. Do (tindakan) berisi langkah-langkah yang nantinya akan dilakukan agar tujuan yang telah direncanakn dapat tercapai. Check (Pengawasan) dilakukan untuk melihat sejauh mana tujuan tersebut tercapai.  Action (tindak lanjut), setelah pengawasan dilakukan, biasanya selalu ada evaluasi mengenai kinerja yang telah dilakukan apakah perlu diadakan perbaikan atau perubahan.     Sistem manajemen Mutu ISO 9001 berisi standard/ elemen yang memungkinkan organisasi ( lembaga pendidikan ) melakukan perbaikan yang berkesinambungan ( Continual Improvement ) pada :
1. Proses yang terkait dengan pelangan
2. Sistem Kepemimpinan / Leadership
3. manajemen sumber daya
4. Perbaikan dan peningkatan proses
5. Sistem manajemen
6. Sistem perbaikan yang berkesinambungan
7. Pengambilan keputusan yang Factual
8. Hubungan saling menguntungkan dengan pemasok





Tidak ada komentar:

Posting Komentar