A.
ADMINISTRASI
KEUANGAN SEKOLAH
1.Manajemen
Pembayaran SPP
a.
Kartu Pembayaran SPP
Nama Murid :
……………………………………….
Kelas : ……………………………………….
No.
Induk :
……………………………………….
Bulan
|
Tanggal
|
Pembayaran
|
Jumlah
|
Tanda tangan penerima
|
Keterangan
|
|
|
|
|
|
|
b.
Buku Harian Penerimaan Siswa
Tanggal
|
Nama Murid
|
Kelas
|
Nomor Induk
|
Untuk Bulan
|
Setoran ke
|
Ttd.
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Buku Penerimaan SPP Per Kelas
Bulan
|
No
|
Kls I
|
Kls. II
|
Kls. III
|
Jumlah
|
Jumlah
|
|||||
|
SPP
|
Siswa
|
SPP
|
Siswa
|
SPP
|
Siswa
|
SPP
|
Siswa
|
Penyetoran
|
Penerimaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d.
Bendaharawan sekolah memasukkan SPP tersebut dalam buku kas dengan format
sebagai berikut.
Masuk
Tanggal
|
Uraian
|
Jumlah
|
Tanggal
|
Urain
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
B.
ADMINISTRASI
PERSONALIA/ SDM
1.
Daftar
Personel
DAFTAR
PEGAWAI
Sekolah : …………………………………….
No.
Urut: ........................ 1. Nama Lengkap: ……………… NIP: ……………….
3. Tanggal/
tempat lahir: …………………….
4. Bangsa: ……………………
5. Agama:
……………………
6. Pangkat:
………………….
7. Jabatan:
………………….
8. Status
Pegawai: ………………….
9. KTP. No.:
…………. Tgl: …………
10. Kartu
Peserta TASPEN: ……..
Akamat Rumah: …………………
|
12. Riwayat
Pendidikan:
a. ……………………………
b. ……………………………
c. ……………………………
13.
Pendidikan tambahan:
a. ………………….
b. ………………….
c. ………………….
|
Nama istri/
suami: ………………………………………....
15. Tempat/ Tgl.
Lahir: ………………………………………….
16.
Pekerjaan: ……………
17. Nama
Anak/ Tgl. Lahir: ……………………………
…………………………....
………………………........
|
DAFTAR
TUGAS MENGAJAR
Sekolah:………………………….
No.
|
NIP
|
Nama Guru
|
Pendidikan Terakhir
|
Pangkat/ Golongan
|
Mengajar Mat. Pelj.
|
Kelas
|
Jam
|
Ket.
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Daftar
Hadir Guru/ Karyawan
Bulan………………………………………..
No.
|
Nama
|
Tanggal
|
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
dst.
|
||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C.
ADMINISTRASI
SARPRAS
1.
Daftar pembelian perabotan /pengadaan
perabotan.
No.
|
Tanggal
|
Dari
|
Nama barang
|
Banyaknya
|
Harga
|
Dipakai tangggal
|
Mulai untuk
|
Ket.
|
|
Terima
|
Beli
|
||||||||
|
|
2. Daftar
Pengunaan Alat Peraga dan lain-lain
No.
|
Tanggal
|
Nama alat
|
Banyak
|
Pemakain
|
Tanggal
kembali
|
Ket.
|
|
Nama guru
|
Kelas
|
||||||
3. Daftar
Pengunaan Ruang Praktikum/Laboratorium
No.
|
Kelas
|
Ket.
|
|||||
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jum’at
|
Sabtu
|
||
|
4. Kartu
Pemeliharaan Mesin-mesin Kantor
Nomor : ………………………………
Pemegang/penangung jawab : ………………………………
Sekolah :
………………………………
Alamat :
………………………………
KARTU PEMELIHARAAN MESIN
1) Macam mesin : ………………………………………….
2) Merk/tahun : ………………………………………….
3)
No.mesin : ………………………………………….
4)
Ukuran : ………………………………………….
5) Asal
Mesin :
………………………………………….
6)
Perlengkapan : ………………………………………….
7) Mulai
Dipakai : ………………………………………….
URAIAN
Tanggalll
|
Servis/Perbaikan
|
Biaya
|
Keterangan
|
|
D.
ADMINISTRASI KESISWAAN
1.
Formulir Pendaftaran
FORMULIR PENDAFTARAN
Sekolah: ………………………… No. : ………………………….
1.
Nama Calon :
……………………. Asal Sekolah: …………………….
2.
Jenis Kelamin :
…………………………………………………………..
3.
Tempat/ tgl. Lahir : …………………………………………………………..
4.
Bangsa :
…………………………………………………………..
5.
Agama :
…………………………………………………………..
6.
Anak ke :
…………………………………………………………..
7.
Alamat :
…………………………………………………………..
8.
Nama orangtua/wali : …………………………………………………………..
9.
Pendidikan :
…………………………………………………………..
10.
Pekerjaan :
…………………………………………………………..
11.
Alamat pekerjaan : …………………………………………………………..
12.
Keterangan lain-lain : …………………………………………………………..
Catatan:
Diterima/ ditolak di kelas: …….
………….................19…..
Yang Mendaftarkan,
( )
( )
Panitia Penerima,
2.
Buku Pendaftaran
Nomor Urut
|
Nama
|
Tanggal Lahir
|
Alamat
|
Asal Sekolah
|
Ket.
|
|
|
|
|
|
|
Identitas (keterangan) diri murid dalam buku
induk antara lain sebagai berikut.
1.
Nama Calon :
……………………. Asal Sekolah: …………………….
2.
Jenis Kelamin :
…………………………………………………………..
3.
Tempat/ tgl. Lahir : …………………………………………………………..
4.
Warga Negara :
…………………………………………………………..
5.
Agama :
…………………………………………………………..
6.
Anak ke :
…………………………………………………………..
7.
Alamat :
…………………………………………………………..
8.
Asal Sekolah :
…………………………………………………………..
9.
a. Diterima tanggal : …………………………………………………………..
b. Di kelas :
…………………………………………………………..
10.
a. Nama orang tua/ wali : …………………………………………………………..
b.
Kelas :
…………………………………………………………..
c.
Alasan :
…………………………………………………………..
d.
Tamat kelas :
…………………………………………………………..
STTB No. …………
e.
tanggal :
…………………………………………………………..
f.
Meneruskan ke
g.
Sekolah :
…………………………………………………………..
h.
Keterangan lain-lain : …………………………………………………………..
3.
Daftar Presensi
No.
|
Nama Murid
|
Tanggal
|
Jumlah Absen
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
…31
|
|||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Hadir
:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
E.
SISTEM PENGOLAHAN LAPORAN HASIL AKHIR SISWA
Contoh Pembobotan Nilai Rapor
Contoh 1
Rata-rata nilai ulangan harian, ulangan tengah
semester, dan akhir semester bobotnya adalah: 2 : 1 : 1
Nilai ualngan harian : 1, 2, dan 3 = 60, 75, 65
Rata-rata ulangan harian = 66
Ulangan harian semester = 55
Ulangan akhir semester = 65
Nilai rapor =
( 2 x 66 + 1 x 55 + 1 x 65 ) / 4
=
( 132 + 55 + 65 ) / 4
=252
/ 4
=
63
Contoh 2
Setiap ulangan harian, ualngan tengah semester,
dan akhir semester bobotnya adalah sama
Nilai ulangan harian = 60, 75, 65
Ulangan tengah semester = 55
Ulangan akhir semester = 65
Nilai rapor =
( 60 + 75 + 65 + 55 + 65 ) / 5
=
320 / 4
=
64
Ulangan Harian per kompetensi dasar
dilakukan dengan teknik: (tes tertulis, tes lisan, unjuk kerja, observasi,
wawancara, penugasan, dan portofolio), yang menjadi data tutor pribadi.
Hasil dari penilaian yang belum
mencapai KKM harus diremidial melalui perbaikan pembelajaran dan penilaian.
Ulangan Tengah Semester merupakan
penilaian dari beberapa kompetensi dasar yang pernah dibelajarkan dan dinilai
pada tengah semester yang sama. Pada Penilaian Ulangan Tengah Semester dapat
merupakan penilaian atas semua aspek atau aspek tertentu sesuai dengan teknik
penilaian yang dipilih. Nilai tiap aspek menjadi data guru pribadi.
Ulangan Akhir Semester merupakan
penilaian dari semua kompetensi dasar yang pernah dibelajarkan dan dinilai pada
semester yang berlaku. Penilaian Ulangan Akhir Semester dapat meruapakan
penilaian terhadap semua aspek, beberapa aspek atau aspek tertentu sesuai
dengan teknik penilaian yang dipilih. Nilai yang tercantum dalam rapor adalah
nilai utuh yang sudah dirata-rata tiap aspek tanpa koma.
Semua nilai dinyatakan dengan angka
skala 0 – 100
F.
SISTEM PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA
KEPENDIDIKAN
1.
Peningkatan Gaji dan Kesejahteraan Guru
Peningkatan gaji dan kesejahteraan akan memberi
motivasi bagi para guru untuk meningkatkan kinerja nya sebagai pendidik atau
tenaga kependidikan.
2.
Sertifikasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan,
Serta Sistem Penjaminan Mutu
Peningkatan sertifikasi bagi pendidik dan
tenaga kependidikan yang sudah memenuhi syarat, merupakan salah satu langkah
untuk meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan. Hal ini sesuai dengan
PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Penidikan. Apalagi juga
didukung dengan anggaran pendidikan dari pemerintah yang cukup besar dalam
bidang pendidikan.
3.
Peningkatan Kompetensi yang Berkesinambungan
Sementara
itu, untuk para pendidik yang sudah berpengalaman perlu diberikan kesempatan
untuk mengikuti penataran yang dilaksanakan oleh lembaga inservice training
yang juga sudah terakreditasi. Selain itu, mereka juga disyaratkan untuk
mengikuti pendidikan profesi yang dapat dilaksanakan oleh lembaga tenaga
kependidikan (LPTK) yang juga harus terakreditasi.
4. Diklat, seminar, dan training
motivasi
Lembaga
pendidikan dapat mengadakan diklat, seminar atau training motivasi bagi para
guru, agar guru terus menimba ilmu dan dapat mengikuti perkembangan dunia
pendidikan.
5. Study
Banding
Study banding dilakukan agar para guru dapat
belajar dari sekolah yang dikunjungi. Bagaimana manajmen sekolah, pembinaan
guru dan siswa dan yang lainnya.
6. Refreshing
Adakan refreshing
untuk menghilangkan kepenatan pekerjaan. Dengan refreshing, guru merasa
bahwa kinerjanya selama ini dihargai.
G. SISTEM MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN
Salah
satu sistem manajemen yang berstandard internasinal yang
bisa diterapkan di lembaga pendidikan adalah sistem manajemen mutu ISO 9001. Sistem manajemen
mutu ISO 9001 ini merupakan
suatu sistem yang dapat digunakan untuk mengelola sistem manajemen
atau memimpin suatu organisasi/ lembaga pendidikan dalam mencapai tujuan atau
sasaran mutu yang ditetapkan oleh organisasi/ lembaga pendidikan.
Sistem manajemen ISO 9001 memiliki pola Plan-Do-Check-Action.
Plan (perencanaan) dilakukan untuk merancang tujuan pendidikan. Do
(tindakan) berisi langkah-langkah yang nantinya akan dilakukan agar tujuan yang
telah direncanakn dapat tercapai. Check (Pengawasan) dilakukan untuk
melihat sejauh mana tujuan tersebut tercapai.
Action (tindak lanjut), setelah pengawasan dilakukan, biasanya
selalu ada evaluasi mengenai kinerja yang telah dilakukan apakah perlu diadakan
perbaikan atau perubahan. Sistem manajemen Mutu ISO 9001 berisi standard/
elemen yang memungkinkan organisasi ( lembaga pendidikan ) melakukan perbaikan
yang berkesinambungan ( Continual Improvement ) pada :
1. Proses yang terkait dengan pelangan
2. Sistem Kepemimpinan / Leadership
3. manajemen sumber daya
4. Perbaikan dan peningkatan proses
5. Sistem manajemen
6. Sistem perbaikan yang berkesinambungan
7. Pengambilan keputusan yang Factual
8. Hubungan saling menguntungkan dengan pemasok
1. Proses yang terkait dengan pelangan
2. Sistem Kepemimpinan / Leadership
3. manajemen sumber daya
4. Perbaikan dan peningkatan proses
5. Sistem manajemen
6. Sistem perbaikan yang berkesinambungan
7. Pengambilan keputusan yang Factual
8. Hubungan saling menguntungkan dengan pemasok
Tidak ada komentar:
Posting Komentar